Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Selasa, 04 Juni 2013

Air Terjun Kuta Malaka: Indah dan Memukau

tes

Menghabiskan akhir pekan dengan cara camping di pegunungan memang melelahkan, sekaligus mengasyikkan. Setelah seminggu penuh: dari Senin sampai Jumat sibuk dengan kegiatan kampus atau sibuk dengan pekerjaan kantor, tak ada salahnya jika pada Sabtu dan Minggu kita camping bersama teman-teman untuk melepaskan penat yang kita rasakan selama seminngu penuh.

Dari atas Kuta Malaka, cahaya lampu yang indah di atas pusat Kuta Malaka terlihat jelas. Jika kita lemparkan mata lebih jauh lagi ke depan, gemerlap Kota Banda Aceh semakin jelas terlihat. Sambil menyalakan api unggun, menikmati cahaya lampu yang begitu padat di atas kota, sebentar akan menghilangkan rasa jenuh kita pada kota yang berstatus Ibukota Provinsi Aceh itu.

Ya, Kuta Malaka. mungkin bisa jadi salah satu tempat yang bisa anda catat di buku catatan anda untuk agenda akhir pekan ini. Seperti pengalaman kami beberapa hari yang lalu, bersama teman-teman kampus yang hampir semuanya anggota UKM Pers DETaK Unsyiah, kecuali satu orang. Kami mencoba melepaskan rasa penasaran, bagaimana sih suasana di puncak Kuta Malaka dan seperti apa bentuk air terjun yang katanya bertingkat sampai 17 tingkat itu.

Tidak salah apa kata orang. Tak sia-sia tenaga terkuras demi mencapai air terjun bertingkat itu. Benar, ternyata air terjun itu memang benar-benar indah seperti cerita orang-orang yang sudah pernah pergi. Air terjun ini biasa disebut air terjun 17.
 Disebut air terjun 17 bukan tanpa alasan. Air terjun itu memang memiliki tingkatan sampai 17 tingkatan.

 Untuk menuju air terjun 17 itu, ada harus berjalan kaki sekitar 15 menit lagi dari tempat parkir kendaraan anda. Saat sampai di tingkat pertama, anda kan melihat air yang jernih. Tapi jangan dulu anda buru-buru untuk mandi. Coba anda telusuri lagi sampai beberapa tingkatan lagi, pasti akan lebih indah lagi. Apalagi jika anda telusuri sampai ke tingkat paling atasnya.

 Untuk menuju tingkatan akhir: tingkatan 17, anda akan sedikit harus lebih hati-hati. Anda dipaksa untuk melewati bebatuan besar yang sebagiannya berlumut lagi licin. (Saran saya, lewatilah bebatuan yang sering dialiri air agar tidak tergelincir).

Anda berkeinginan menghabiskan weekend anda di kuta malaka? Tidak perlu khawatir. Perjalanan ke kuta malaka dapat ditempah dengan 45 menit perjalanan menggunakan sepeda motor dari jalan nasional. Medannya tidak terlalu sulit untuk dilalui, namun ada beberapa titik tanjakan yang sedikit dapat menguras tenaga; jalanannya yang sedikit terjal ditambah lagi jalannanya yang bebatuan.

 Dari banda aceh kami berangkat sore (sekitar pukul 06), tiba di kuta malaka (tempat kami istirahat malam pertama atau café dua) sekitar pukul 09 malam. Itu sudah termasuk waktu kami menuggu beberapa kawan yang telat selama kurnag lebih 1,5 jam. 

Dengan pengalaman yang sangat minim dalam bidang daki-mendaki dan semangat yang menggelora. Kami berjumlah Sembilan orang (semuanya laki-laki), kami mencoba memaksakan kehendak , pokoknya malam itu harus sampai ke kuta malaka. Hanya satu orang di antara kami yang sudah pernah kesitu.

Untuk memudahkan anda mendaki, ada baiknya anda pergi satu orang satu motor. Bagi yang perhinya malam, anda harus hati-hati. Sepanjang jalan, di pinggirannya ada jurang yang dalam.

Sumber Foto: amazingaceh.blogspot.com

tes / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

Coprights@2018 Blogger Templates